Jawaban ujian prinsip-prinsip administrasi publik

1.  Apakah yang dimaksud  “ Public”, “ State” dan “Public Interest” dalam artikel Public Administration.

Jawab  :

a)      Public :

John Dewey (1927), dalam bukunya The Public and Its Problems, menemukan asal kata “the public” dan negara sebagai sebuah perluasan  dari banyak perjanjian yang dibuat untuk mengatur dampak  pribadi individu-individu terhadap pihak ketiga, sehingga membentuk publik dan membuat instrumen atau alat untuk menciptakan ketertiban.

Dengan demikian,bahwa awal mula konsep publik dan negara adalah istilah ”kedamaian raja” yang timbul pada awal sejarah  tumbuh dari pengakuan bahwa pihak ketiga yang terkena dampak negatif akibat kekerasan  individu atau grup pribadi yang mengejar keadilan mereka sendiri ialah jauh lebih banyak daripada mereka yang terlibat langsung dalam kekerasan itu.

Saat publik yang terbentuk kemudian berkembang  ke arah yang lebih mirip disebut sebagai komunitas, komunitas ini menghasilkan minat/kepentingan bersama untuk mewujudkan pembagian nilai-nilai yang berlaku diantara mereka.

b)      State :

Institusi yang dibentuk oleh publik atau komunitas sebagai alat untuk menciptakan ketertiban dan  dapat dipakai untuk tujuan lain, selain menjaga ketertiban.

c) Public Interest :

Sekumpulan nilai inti yang berlaku dalam komunitas atau masyarakat dan menjadi milik bersama yang digunakan sebagai pedoman dalam memelihara kepentingan bersama.

2.  Apakah fungsi Public Administration dalam Public Interset Menurut Norton.?

Jawab :

Administrasi publik menyediakan alasan untuk mendahulukan satu pilihan kebijakan daripada pilihan lain  dalam pencarian  opsi mana yang paling sesuai public interest, yang berarti bahwa administrasi publik merupakan alat untuk mewujudkan, menjaga dan menjalankan kebijakan publik agar tetap berpedoman kepada nilai-nilai inti yang berlaku dalam masyarakat.

Contoh :

Kontroversi seputar kaum gay diperbolehkan masuk dinas militer AS, dalam hal ini ada dua pihak yang berbeda pendapat yaitu : pertama : pihak militer yang beranggapan bahwa masuknya kaum gay kedalam dinas militer akan mempengaruhi kohesi negatif dan keamanan nasional, kedua : pihak pemerintahan Clinton yang  berkomitmen kesetaraan warga negaranya, selanjutnya pihak pengadilan meneliti kasus tersebut dengan mencari pedoman kembali ke amanat konstitusi amerika dan diputuskan bahwa diperlukan penyelidiakn yang mendalam terhadap pendapat militer untuk kepentingan publik. Dalam Kasus ini dapat dilihat  bahwa persamaan merupakan nilai yang lebih tinggi dari pada kohesi negatif militer, dan dengan begitu kesejahteraan publik lebih atau kepentingan publik lebih penting.

3.  Perbedaan secara konseptual dan pragmatis “political interest of the president dan the public interest of the nation” ?

Jawab :

Secara konseptual :

Political interest of the president merupakan kepentingan politik dari presiden, dalam hal ini presiden dapat juga diartikan sebagai pemerintah atau kelompok-kelompok kepentingan atau golongan-golongan yang memiliki tujuan politik tertentu berdasarkan kepentingan kelompok atau golongan mereka dimana kepentingan itu memiliki ruang lingkup yang terbatas.

Sedangkan the public interest of the nation adalah kepentingan publik dari suatu bangsa dimana didalamnya terdapat nilai-nilai yang dianut secara bersama-sama dan dapat mempersatukan mereka untuk mencapai cita-cita bersama. Kepentingan ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas karena berkaitan dengan kepentingan publik.

Secara pragmatis :

Political interest of the president merupakan kepentingan dari para partai politik, yaitu bagaimana caranya untuk meraih kekuasaan dengan mencari suara sebanyak mungkin sehingga dapat melegitimasi mereka sebagai pemegang kekuasaan. Setiap partai tidak akan mampu berbuat yang sama apabila mereka diberi kekuasaan yang sama karena nilai-nilai yang terkandung dalam setiap partai berbeda-beda.

Contoh :

Partai demokrat saat ini merupakan partai yang memenagkan pemilu sehingga patut dikatakan bahwa partai demokrat adalah partai yang berkuasa, dan dalam menjalankan kekuasannya tersebut partai demokrat memiliki nilai-nilai atau keyakinan dalam berkuasa. Keyakinan dan nilai-nilai yg dimiliki oleh partai demokrat tidak akan sama jika partai golkar atau PDIP jika mempunyai kesempatan untuk berkuasa.

Sedangkan the public interest of the nation semangat dan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang dilandasi nilai-nilai yang sama yang berlaku dalam bangsa.  Hal ini membuat mereka mampu mempersatukan kepentingan yang luas dan membuat rasa persatuan diantara mereka

Contoh :

Seperti kebudayaan Reog yang beberapa waktu lalu sempat diklaim oleh negara malasya, serentak seluruh warga negara indonesia mengecam pemerintah malasya, dan seluruh masyarakat ramai-ramai untuk menyelamatkan budaya reog tsb sebagai budaya bangsa indonesia.

4.  Dalam praktek di indonesia kecenderungan yang terjadi dari kedua hal pd no 3? Jawab :

Pada saat ini the public interest of the nation lebih sering tejadi di indonesia, hal ini dikarenakan bahwa masyarakat sudah mampu dan bijaksana dalam menentukan sikap terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah, lembaga kontrol legislatif, media massa  dan lembaga swadaya masyarakat sudah berjalan dengan baik.

Contoh  : kasus bail out bank century, menurut pemerintah bahwa proses bailout bank century sudah dilaksanakan sesuai prosedur karena kalau tidak dilaksanakan maka akan menimbulkan dampak sistemik, namun demikian masyarakat sdh bisa menilai bahwa sebenarnya bailout tersebut tidak memihak terhadap kepentingan masyarakat, uang sebanyak 6,7 Trilyun hanya dinikmati oleh segelintir org, dan dengan desakan berbagai element kontrol baik legislatif maupun media dan LSM akhirnya kasus bailout tersebut dibawa ke ranah hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s